Pages

27 April 2013

April Setahun yang Lalu

Tepat setahun yang lalu, saya masih ada di sana. Di tempat paling indah, rumah kedua saya.

Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang. 
Tempat yang sampai sekarang teramat sangat saya rindukan.  Bener-bener udah setahun ternyata sejak terakhir saya tinggalin.
Bulan April setahun yang lalu, di sana. Adalah bulan paling terindah sekaligus bulan paling menyedihkan. Indah karena akhirnya setalah 3 tahun lamanya saya disana, saya akan diwisuda dan lulus. Hal yang paling diinginkan semua santri, apalagi saya.
Sedih, karena jika kami telah lulus maka otomatis kami harus berpisah :(
Bisa bayangin gimana rasanya 3 tahun bareng, dan barengnya ini bener-bener bareng pagi-siang-sore-malem, ngapa-ngapain bareng, kemana-mana bareng lalu tiba-tiba....  terpisah jarak yang entah akan berapa ratus atau ribu kilometer jauhnya dan entah kapan bisa bertemu lagi. Rasanya itu........
  
April  2012. Akhirnya saya diwisuda. -Kalo disini nyebutnya haflah akhirussanah
Dan alhamdulillah, saya diwisuda 2 kali ~ akhir sanah ikappdar dan akhir sanah asrama. 
Ikappdar atau -ikatan keluarga dan alumni ponpes darul ulum- itu semacam organisasi kedaerahan yang ada di sana. Dan karena mayoritas santri yang dari luar jawa itu banyak tapi tersebar nya dikit-dikit di setiap pulau, jadilah daerah luar jawa ikappdar nya dijadikan satu dengan nama Indonesia Timur. 
Sebenernya saya juga bingung, padahal Kalimantan Barat kan jelas-jelas di barat gitu ya, tapi jadi Indonesia Timur.. Yah mau gimana lagi abisnya yg dari Kal-Bar dikit amat sih ya, daripada kaga ada ikappdarnya hahahaha *kasian*

kaltim-kalbar-bali-kaltim. Jadi satu di ikappdar InTim
Kalo yang satunya, wisuda asrama. 
Itu adalah wisuda yang bener-bener ga saya sangka kalo saya bisa ikut diwisuda. 
Jadi cerita intinya (kalo mau diceritain semuanya panjang banget), asrama saya -Asrama Putri 2 Al Khodijah- beda sama asrama laen.
Kalo asrama lain, semua santri tingkat akhirnya yang mau lulus pasti bakal diwisuda semua. Tapi asrama saya, hanya yang lulus kelas 3 diniyah yang boleh diwisuda. Jadi diniyah itu semacam sekolah informal di asrama tentang kepesantrenan dan ilmu agama gitu deh, ada baca kitab-nahwu-shorof-hadis dan lain-lain. Kalo pagi kita sekolah ilmu dunia, trus kalo malem kita belajar buat dunia akhirat (walaupun di sekolah paginya juga ada pelajaran agama juga sih sebenernya), tapi gampangannya gitu deh. 
Jadi intinya (intinya mulu -_-), saya akhirnya bisa masuk kelas 3 diniyah bersamaan dengan tahun ketiga saya di SMA dengan cerita yang sangat panjang dan tes yang berlika-liku (kapan-kapan saya posting deh ya). Dan ini berarti saya bisa diwisudaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. Saya bisa ikut haflah akhir sanah asramaaaaa. Lalala yeyeye~

Dan yang paling saya inget, Ustadz saya sekaligus wali kelas 3 diniyah saya pernah bilang gini :
" Saya tahu sebenernya apa yang paling diinginkan anak kelas 3 diniyah itu... cuma 1. Yaitu waktu haflah nanti bisa cipika-cipiki sama Bu Nyai Muflihah."
Yah tad. That's true! Absolutely true hahahaha.
Kalian tau rasa bangganya itu loh, karena ga semua santri (atau bahkan ga semua orang) bisa dapet cipika-cipiki nya Bu Nyai, paling mentok ya cium tangan doang. Dan karena kita bakal di wisuda sama Bu Nyai, otomatis kita bakal dapet lebih dari sekedar cium tangan. hohohoho :3
Yaaah sebenernya itu cuma bonus aja sih, yang penting mah tetep ilmu yang dikasih para ustadz di kelas 3 diniyah itu ga bisa dituker dengan apapun juga. Banyak pelajaran baru yang begitu berharga di sana. Apalagi kalo inget dulu itu persyaratan kalo mau diwisuda harus hafal nadhom maqsud yang kalo ga salah ada seratus berapa baris gitu.. Dan itu aja udah perjuangan banget buat menghapal ditengah masa-masa uas-uan SMA waktu itu. Padahal itu masih maqsud, bukan imrithi... ckckck

Saya di baris atas nomor 5 dari sebelah kiri. Ketemu?
Detik-detik cipika-cipiki sama Bu Nyai :3
Sama mami tercinta uwuwuwuw
Yah. Itu yang terjadi setahun yang lalu. Tepat di bulan April juga. Bener-bener beda sama apa yang terjadi setahun setelahnya.

April tahun ini, 2013. Ga ada wisuda-wisudaan, belum lebih tepatnya. Sebenernya ada sih, cuma bukan buat saya melainkan jatahnya kakak tingkat. (baru aja masuk udah mau wisuda aja wil -,-)
Bulan April ini, saya ada di sini.
Di sebuah kota hujan yang aman, tentram, dan damai. Jauh dari hiruk pikuknya ibukota. Dekat dengan alam yang begitu menenangkan (ini nulis puisi ya? :/)
Bulan April ini, saya disibukkan dengan UTS semester genap di minggu-minggu awal yang cukup menguras energi dan otak. Di pertengahan hingga akhirnya saat ini, masih menunggu keluarnya nilai dengan harap-harap cemas.
Bulan April yang menyenangkan. Sangat menyenangkan. Karena di bulan ini pula saya belajar banyak hal dari teman-teman sekelas saya di TPB. Banyak bangeeeeeeeeeeeet kegiatan kita di bulan ini yang unforgettable banget. Next time deh ya saya posting :3

April.
Terimakasih untuk semua kisah yang kau torehkan di setiap tahunnya.
So curious about what will happen in April 2014! Soon ya :)

No comments:

Post a Comment

wanna leave a comment?