Pages

09 April 2011

Science and Social Olimpiads 12

Science and Social Olympiads adalah suatu kompetisi yang diselenggarakan oleh SMA Darul ‘Ulum 2 sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa dan meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan zaman yang terus melaju cepat, Juga sebagai sarana untuk memperingati ulang tahun sekolah. SSO pertama kali diselenggarakan dengan nama Olimpiade MIPA untuk SMP sederajat seJawa Timur pada tahun 2000. Seiring dengan berjalannya waktu, SMA DU 2 terus mencoba terobosan-terobosan jitu. Di tahun 2006 Olimpiade MIPA ini berevolusi hingga terbentuklah SSO VII. Hal ini dilakukan untuk mensejajarkan IPA dan IPS di dalam kacamata khalayak yang dipandang berat sebelah. IPS, suatu cabang ilmu pengetahuan yang tak kalah hebatnya dengan IPA, seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Di sekolah, IPS telah dinomorsekiankan hingga cabang ilmu ini kurang diminati. Kami pun mencoba terobosan baru yaitu mengemas keduanya dalam suatu wadah yang bernama SSO (Science & Social Olympiads). Ternyata hal ini disambut hangat oleh masyarakat dibuktikan dengan membludaknya peserta SSO VII di masing-masing daerah rayon.
SSO telah berjalan 11 tahun dan kini saatnya SSO melebarkan sayap ke tingkat nasional. Melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kami memanfaatkan sarana online untuk mendukung sepenuhnya event tersebut. Hanya dengan sentuhan jari kami dapat membentangkan sayap-sayap SSO hingga ke seluruh Indonesia. Sarana internet kami manfaatkan sedemikian rupa mulai dari sosialisasi, pendaftaran, hingga babak penyisihan. Pendaftaran dan babak penyisihan yang semula kami lakukan di daerah rayon,untuk SSO kali ini kami lakukan secara online. Selanjutnya untuk babak Perempat dan Semi hingga Grand Final kami gelar di SMA DU 2 sendiri.
SSO ke 12 kali ini bertemakan “Passing Beyond The Zones of Universe by The Power of Knowledge” akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 18 September dan merupakan yang pertama dalam sejarah Science and Social Olympiads dengan menggunakan sistem online. Adapun untuk babak Perempat dan Semi hingga Grand Final dI gelar di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang pada tanggal 22 dan 23 September.

No comments:

Post a Comment

wanna leave a comment?